Yoo.. Hindari Perilaku Korup...!!

Minggu, 08 Desember 2013

CINTA DIRGANTARA DI LANUD WIRASABA

Ilustrasi : Pesawat Ultralight
Lanud Wirasaba oleh pemerintah kabupaten Purbalingga dan empat kabupaten di sekitarnya diwacanakan menjadi bandara komersial di wilayah Jateng baratdaya. Untuk mewujud-kannya masih diupayakan ke kementerian perhubungan dan terus berproses. Bandara ini selain untuk kepentingan komersil sebagai sarana mempercepat pembangunan wilayah dengan masuknya investor, juga tetap akan dipakai untuk basis pertahanan TNI AU di wilayah ini.

Di luar wacana tersebut di atas, Lanud Wirasaba sebagai salah satu bagian dari TNI AU harus tetap eksis dan dalam keadaan siap. Untuk itu tentunya wajib memelihara kesemaptaan personel, sarpras, alutsista, sistem dan hubungan baik dengan lingkungannya. 

Sebagai salah satu usaha pembinaan dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, Lanud Wirasaba mengadakan kegiatan Gelar Cinta Dirgantara. Kutipan berita kegiatan dapat disimak melalui harian Suara Merdeka seperti di bawah ini.

Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud Wirasaba) di Kabupaten Purbalingga mengadakan kegiatan kedirgantaraan dengan tema Cinta dirgantara 2013. Kegiatan kedirgantaraan ini dipusatkan di Lanud Wirasaba mulai hari Sabtu (7/12) hingga Rabu (11/12).

Ilustrasi: Pesawat Trike
Kegiatan Cinta Dirgantara bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat luas tentang kegiatan Lanud Wirasaba khususnya dan TNI AU pada umumnya. Disamping itu juga memamerkan peralatan utama sistem pertahanan (alutsista).

Komandan Lanud Wirasaba Mayor Penerbang Andreas A. Dhewo, M.Si, M.Sc. mengatakan, sebenarnya tujuan khusus kegiatan Cinta Dirgantara adalah untuk memupuk cinta dirgantara di kalangan generasi muda dan pelajar, serta menggali dan membangun potensi masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Pertahanan dan Keamanan Negara.

Ilustrasi : Terjun Payung FASI
Kegiatan Cinta Dirgantara akan diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya Joy Flight menggunakan pesawat TNI AU yang diikuti oleh pelajar berprestasi Purbalingga, terjun payung dengan menggunakan 2 pesawat. Cessna dengan membawa bendera TNI AU dan Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan lain berupa para motor yang diikuti oleh Fasida Jateng dan DIY, Static Show pesawat helicopter, 2 pesawat trike dan 2 ultra light. Kegiatan terakhir berupa Aeromodeling Purbalingga, Banyumas dan Cilacap. Kegiatan penutupan bersamaan dengan penutupan kegiatan Survival Sekbang Angkatan 87 dan 88 (Sumber: Suara Merdeka).

Walaupun Lanud Wirasaba termasuk pangkalan kecil/perintis, tidak berarti tidak mempunyai kemampuan pembinaan kedirgantaraan. Justru karena satu-satunya lapangan udara di wilayah ini, maka otomatis menjadi tempat tujuan dan tempat berlatih bagi pecinta kedirgantaraan lima kabupaten sekitarnya. Mereka tidak usah pergi ke Pondok Cabe Tangerang,  Lanud Suleman di Bandung atau ke pangkalan TNI AU di Jogjakarta. Terlalu jauh dan biayanya lebih mahal. Optimalkan potensi Lanud Wirasaba secara tepat dan pupuk terus minat kawula muda di bidang kedirgantaraan. Jaya di udara Indonesiaku.

By Kang Wirya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar