Yoo.. Hindari Perilaku Korup...!!

Sabtu, 14 Desember 2013

OPERASI MATA DENGAN LASIK

Ilustrasi: Operasi Mata
Lasik merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan mengobati mata minus adalah dengan menggunakan laser, akan tetapi apakah anda sudah tahu dan paham apakah lasik itu, berikut ini kami berikan seluk beluk tentang lasik mata seperti dilansir dari totalkesehatananda.
Laser Mata atau Lasik merupakan kepanjangan dari laser in situ keratomileusis itu artinya menggunakan suatu laser di bawah suatu penutup kornea (in situ) untuk merubah bentuk kornea (keratomileusis).

Laser mata ini memakai alat laser yang sangat khusus (excimer laser) yang dibuat untuk merawat refractive error (kesalahan bias), memperbaiki penglihatan, dan mengurangi atau mengeliminasi keperluan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak.

Prosedur Lasik ini bertujuan untuk merubah bentuk
kornea mata yang merupakan penutup depan yang transparan dari mata. Meskipun
excimer laser telah digunakan bertahun-tahun sebelumnya, akan tetapi
perkembangan yang mendapatkan penghargaan adalah sekitar tahun 1991 oleh Ioannis
Pallikaris dari Yunani.

Cara Kerja Lasik

Selama prosedur LASIK, seorang ahli bedah mata yang terlatih pertama menciptakan suatu penutup (flap) kornea yang tepat, tipis dan tergantung menggunakan suatu microkeratome. Ahli bedah kemudian menyingkap penutup untuk menyingkapkan jaringan kornea yang teletak dibawahnya, dan kemudian excimer laser mengablasi (merubah bentuk) kornea dalam suatu pola unik yang telah dispesifikasikan untuk setiap pasien. Penutup (flap) kemudian dengan hati-hati di posisikan kembali pada kornea yang terletak di bawahnya tanpa jahitan-jahitan.

Keunggulan Operasi Mata Dengan Lasik

Meski keterangan yang diberikan hanya ringkas akan tetapi Operasi Lasik Mata telah dibuktikan aman dan efektif untuk kebanyakan orang-orang. Dengan penyaringan dan pemilihan pasien secara hati-hati, dan yang memiliki harapan-harapan yang layak, dan dalam perawatan dari seorang ahli bedah yang berpengalaman, kebanyakan pasien-pasien akan sangat senang dengan hasil-hasil mereka.


Ini adalah beberapa dari keuntungan-keuntungan lain dari Lasik:

  • Lasik mampu untuk mengkoreksi secara akurat kebanyakan tingkatan-tingkatan dari myopia (nearsightedness), hyperopia (farsightedness), dan astigmatism.
  • Prosedurnya cepat, biasanya berlangsung hanya lima sampai 10 menit, dan biasanya tidak sakit.
  • Karena lasernya dituntun oleh sebuah komputer, ia adalah sangat tepat dan hasil-hasilnya adalah sangat akurat.
  • Pada kebanyakan kasus-kasus, suatu perawatan tunggal akan mencapai hasil yang diinginkan; bagaimanapun, perbaikan-perbaikan adalah mungkin jika diperlukan, bahkan bertahun-tahun setelah operasi pertama/awal.
Kerugian Operasi Mata Dengan Lasik

  • Karena setiap pasien akan sembuh secara sedikit berbeda, hasil-hasil mungkin bervariasi dari pasien ke pasien.
  • Lasik dapat membuat beberapa aspek-aspek penglihatan anda lebih buruk, termasuk penglihatan malam dengan cahaya yang menyilaukan dan lingkaran-lingkaran cahaya.
  • Lasik mungkin membuat gejala-gejala mata kering lebih buruk pada individu-individu tertentu.
  • Pada keadaan-keadaan yang jarang, LASIK dapat membuat penglihatan anda lebih buruk dan tidak dapat dikoreksi dengan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak reguler (biasa).
Artikel sebagai salah satu bahan referensi. Untuk keputusan melakukan atau tidak melakukan operasi lasik terserah anda sendiri. Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis mata (Sumber: Total Kesehatan Anda).

By Kang Wirya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar