Yoo.. Hindari Perilaku Korup...!!

Kamis, 05 Desember 2013

PDAM BANYUMAS PEROLEH PERPAMSI AWARD 2013

“Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)  terhadap keseluruhan layanan PDAM Kabupaten Banyumas  adalah baik berdasarkan survei IKM yang dilakukan oleh Reads Consultant Purwokerto yang menunjukan bahwa kualitas dan mutu pelayanan PDAM Banyumas adalah baik“  demikian disampaikan oleh direktur utama PDAM Agus Subali, SE, Ak saat Conferensi Pers di kantornya, Senin (2/12).

Disamping IKM dengan predikat baik,  PDAM Banyumas juga sebagai PDAM terbaik kedua  nasional dan mendapatkan PERPAMSI AWARD 2013  untuk kelompok pelanggan 50.000 s.d 100.000 setelah PDAM Bandung sebagai terbaik pertama dan di bawahnya PDAM Wonosobo sebagai terbaik ketiga berdasarkan hasil penilaian Tim Independen yang terdiri dari unsur yang mewakili Kementrian PU, Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementrian Dalam Negeri, dan Badan Pendukung Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM).

Kantor PDAM Kab. Banyumas
Penghargaan PERPAMSI AWARD 2013 diberikan dalam Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XII di Kota Palembang tanggal 27-29 November 2013 kepada PDAM yang memenuhi kreteria yang telah ditentukan antara lain berhasil meningkatkan kinerjanya secara konsisten, dinyatakan sehat dan berkinerja baik selama tiga tahun berturut-turut, dan dimaksudkan sebagai upaya Perpamsi untuk mendorong agar seluruh PDAM menjadi sehat dan dapat menyalurkan air ke masyarakat secara optimal.

Sementara terkait predikat baik hasil survai terhadap IKM, Agus menambahkan, survei dilakukan pada saat musim kemarau dan musim penghujan pada tahun 2013 terhadap 2.500 sampel responden yang terdistribusi secara proporsional sesuai jumlah pelanggan di setiap wilayah pelayanan yang meliputi 18 unsur layanan utama antara lain aliran air, kualitas air, kuantitas air, tekanan air, sikap petugas pembaca meter air, pencatatan jumlah pemakaian air, kondisi meter air, jadwal pembayaran, jumlah pembayaran, ketersediaan loket pembayaran, sikap petugas loket, model antrian, prosedur pembayaran, pembayaran tunggakan, mekanisme laporan gangguan, lamanya waktu perbaikan, kemampuan petugas perbaikan dan komunikasi pelanggan dengan PDAM.

Agus juga menambahkan, untuk memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sampai dengan 2015 akan dilaksankan berbagai program antara lain pembangunan Deep Well (Pompa Sumur Dalam) di kompleks perumahan Griya Satria Mandala Tama Purwokerto, pemasangan pompa boster di Jipang untuk optimalisasi pelayanan air minum di wilayah pelayanan Purwokerto Barat, Pemasangan Filtrasi (saringan penjernih air) di Pabuaran untuk meningkatkan kualitas air di wilayah pelayanan Pabuaran, Grendeng, Karangwangkal dan sekitarnya. Dan di kantor pusat PDAM untuk wilayah Bancarkembar dan sekitarnya.

Pemanfaatan sumber mata air tonjong  Ajibarang untuk layanan di wilayah Ajibarang dan pemanfaatan sumber mata air Cideng dan Rancah untuk optimalisasi pelayanan air minum di wilayah pelayanan Ajibarang, pemanfaatan sumber mata air Kesegeran di Pekuncen untuk peningkatan kualitas pelayanan  di wilayah Pekuncen dan Ajibarang dan peningkatan kapasitas pemanfaatan sumber mata air Karangtengah Cilongok dan pembangunan reservoir kapasitas 500 M3 untuk optimalisasi pelayanan air minum wilayah Cilongok dan sekitarnya. Serta peningkatan kapasitas pemanfaatan mata air Kaliumbul Ajibarang untuk optimalisasi pelayanan air minum di wilayah Wangon, Purwojati dan Jatilawang.

Disamping pemanfaatan berbagai sumber mata air PDAM juga akan meningkatkan kapasitas produksi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sidabowa, Pembangunan IPA kapasitas 250 liter/detik di Gunung Tugel, pembangunan system penyediaan air minum ibu kota Kecamatan (SPAM IKK) Kemranjen, pemasangan sambungan rumah untuk masyarkat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Ajibarang, Pekuncen, Purwojati, Jatilawang, Wangon, Patikraja, Banyumas dan Kemranjen, Layanan Drive Thru pembayaran rekening di kompleks kantor pusat PDAM dan membuat layanan pengaduan melalui SMS ke direksi PDAM 24 jam, serta  pembentukan Unit Reaksi Cepat Layanan  Pengaduan (Sumber: Humas Kab. Banyumas).
 

Repost by Kang Wirya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar