Yoo.. Hindari Perilaku Korup...!!

Senin, 07 Oktober 2013

ENERGI PETIR UNTUK CHARGER PONSEL?

Ilustrasi; Petir
Musim penghujan akan segera tiba, mendegar gelegar suara petir atau kilat bertubi-tubi kadang dapat menciutkan nyali kita, apalagi diketahui telah mengakibatkan korban manusia, hewan atau bangunan. Daya listrik yang ditimbulkan memang sangat besar; karena selain voltasenya tinggi sampai ratusan ribu volt, arusnyapun sangat besar hingga ribuan ampere. Petir sampai saat ini belum dapat kita manfaatkan secara optimal karena teknologi untuk pengelolaan dayanya cukup rumit dan berbiaya tinggi.

Sejak diketemukannya alat penangkap petir oleh Benyamin Franklin, daya listrik petir baru dapat dijinakan dengan cara disalurkan ke bumi melalui alat penangkap petir (ada yang mengistilahkan penangkal petir). Jadi energi besar yang ditimbulkan selama ini hilang sia-sia tidak termanfaatkan, sementara cadangan energi fosil di muka bumi ini kian hari kian menipis karena ramai-ramai dikuras. Para ahli, ilmuwan dan peneliti di dunia terus berupaya mencari cara memanfaatkan petir, daya listrik alam pemberian Tuhan yang kaya energi ini. Namun masih belum diketemukan cara pengelolaan yang paling praktis, ekonomis dan efisien. Mudah-mudahan dalam waktu dekat penemuan tentang pemanfaatan energi listrik petir ini muncul dari hasil karya anak bangsa, mengingat orang Indonesia saat ini sudah mulai konsent dengan penelitian di berbagai bidang.

Kabar terbaru yang dilansir oleh beberapa media tentang prinsip-prinsip kerja petir akan segera diaplikasikan kedalam bentuk bagaimana menghasilkan atau mentransfer enegi petir menjadi energi yang ramah dan dapat dikendalikan dengan aman.

Peneliti dari University of Southampton bekerja sama dengan Nokia membuat charger ponsel nirkabel dengan tenaga petir. Peneliti mengubah kilatan petir menjadi sumber daya pengisi baterai ponsel Nokia.

Dalam tahap pengujian di laboratorium, peneliti menciptakan petir dengan menyalurkan listrik berkekuatan 200 ribu volt. Kekuatan listrik sebesar itu merupakan tegangan yang biasanya terdapat pada petir. Dari petir buatan tersebut disematkan pula transformator untuk mengirimkan sinyal berisi daya petir.

Sebuah alat seperti trafo yang bertugas menerima sinyal dari tenaga petir juga disematkan pada ponsel Nokia. Yang mana alat tersebut mampu mengisi baterai ponsel.

"Sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan sistem pengisian daya baterai dengan nirkabel, kami percaya bahwa penelitian ini berpotensi untuk memunculkan ide-ide baru tentang sistem charging di masa datang," kata wakil presiden Nokia, Chris Weber, sebagaimana dikutip Mashable, Minggu (6/10/2013).

"Temuan ini membuktikan kepada kita bahwa ponsel juga bisa di-charge melalui sinyal. Dan ini adalah langkah besar yang membuat kita jadi paham bahwa kekuatan alam seperti petir bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi," Neil Palmer, kepala penelitian dari University of Southampton menambahkan (Sumber, Okezone.com).

Kiranya ini merupakan tantangan besar bagi kita semua, bagaimana Nusantara yang kaya sumber daya energi alam mulai dari sinar matahari, gelombang laut dan tiupan angin yang jumlahnya sangat melimpah serta terbarukan menanti untuk dikelola dengan sebaik-baiknya. Sangat bijak juga apabila secara berangsur-angsur kita dapat menghentikan konsumsi sumber daya alam terbatas seperti minyak, batu bara, gas alam dan hasil hutan.

By Kang Wirya