Yoo.. Hindari Perilaku Korup...!!

Selasa, 01 September 2015

KWARCAB BANYUMAS PERINGATI HARI PRAMUKA KE-54 DAN HUT RI KE 70

Ribuan Pramuka Ikuti Lomba Gerak Jalan

Seratus dua puluh satu regu mengikuti Lomba Gerak Jalan Pramuka yang digelar oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Timur, Sabtu (29/8) dengan start di Lapangan Pelopor Satria Purwokerto Lor dan Finish di Halaman Sanggar Bakti Pramuka Kwarran Purwokerto Timut di Depan GOR Satria Purwokerto.

Ketua Panitia Lomba Sukirno, S.Pd mengatakan kegiatan lomba jalan sehat dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 54 dan HUT RI ke 70. “Peserta dibagi menjadi tiga kelompok masing-masing kelompok SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA. Kelompk SD/MI diikuti 50 regu, Kelompok SMP/MTS sebanyak 50 regu dan Kelompok SMA/SMK/MA sebanyak 21 regu” kata Sukirno.


Lebih lanjut Sukirno mengatakan lomba yang mengangkat tema “Aktif, Mandiri dan Disiplin” itu mampu menyedot perhatian warga masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang menyaksikan peserta disepanjang route yang dilalui. “Route yang harus dilalui peserta, dari lapangan pelopor peserta keluar keutara menuju Jln. Suharso, kemudian ke selatan Jl. Mangun Jaya, kearah timur Jl Kombas sampai perempatan Jl Suparno ke Utara dan kembali ke Jl Suharso Finis di Sanggar Bakti Kwarran” jelas Sukirno.

Panitia juga melibatkan Dewan Kerja Ranting, Pihak Kepolisian Polsek Purwokerto Timur juga Puskesmas.


Kriteria penilaian meliputi peraturan baris bebaris, kedisiplinan, kekompakan dan ketepatan waktu. “Padatnya arus lalulintas serta cuaca yang cukup panas mengharuskan peserta, terutama pemimpin barisan mengatur barisanya agar tetap rapi” tambah Sukirno.


Hingar bingar peserta saat diumum hasil kejuaraan dan menyebut regu meraka yang menang. Hasil kejuaraan adalah sebagai berikut Kelompok SD/MI Putra Juara 1 SD N 1 Kranji, Juara 2 SD N 1 sokanegara dan Juara 3 SD N 1 Purwokerto Lor untuk Kelompok SD Putri Juara 1 SD N 2 Kranji 2. SD N 1 Kranji 3. SD N 4 Sokanegara.


Untuk kelompok SMP/MTS Putra Juara 1 SMP N 2 Purwokerto, Juara 2 SMP N 3 Purwokerto dan Juara 3 SMP N 8 Purwokerto, Untuk Putri Juara 1 SMP N 3 Purwokerto, Juara 2. SMP N 8 Purwokerto dan Juara 3 MTs Muhammadiyah Purwokerto.


Untuk kelompok SMA/SMK/MA Putra Juara 1 SMK N 2 Purwokerto, Juara 2 SMA N 1 Purwokerto dan Juara 3 SMA N 4 Purwokerto, sedangkan kelompok SMA/SMK Putri Juara 1 SMK SWAGAYA 1 Purwokerto, Juara 2 SMA N 2 Purwokerto dan Juara 3 MAN 1 Purwokerto.
Sumber: Vania, DKR Purwokerto Timur

Kwarcab Banyumas Juga Mengirimkan Kontingen Ke Raimuna Daerah Di Pekalongan

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si selaku Ketua Harian Mabicab, Selasa (1/9) di Pendopo Si Panji Purwokerto melepas kontingen pramuka Kwarcab Banyumas yang akan mengikuti Raimuna Daerah.


Ketua Kwarcab Banyumas Ir. Didi Rudwianto, SH, M.Si dalam laporanya menyampaikan, bahwa Banyumas mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri yang akan mengikuti Raimuna Daerah XI yang di gelar oleh Kwarda Jawa Tengah tanggal 4-9 September 2015 di Bumi Perkemahan Linggo Asri Kabupaten Pekalongan.


Kontingen Raimuna Daerah berjumlah 20 pramuka penegak dan pandega dari berbagai sekolah SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi di Banyumas yang dipilih berdasarkan seleksi pada tanggal 9 Juli lalu. “Mereka sudah melaksanakan pendidikan dan pelatihan kurang lebih sebulan” kata Didi.

Sekda Banyumas Wahyu Budhi Saptono yang membacakan sambutan Bupati Banyumas mengucapkan terima kasih kepada Para Ketua Mabigus, Ketua Kwaran, Para Pembina dan para orang tua yang telah bersama-sama memberikan materi, dukungan, dorongan DAN DOA RESTU sehingga para kontingen siap mengikuti kegiatan.


Kepada anggota pramuka yang akan mengikuti Raimuna Daerah secara khusus Wahyu berpesan ”Kalian adalah anggota pramuka yang telah terseleksi, sehingga kalian merupakan talenta-talenta Banyumas. Bulatkan tekad, kuatkan hati untuk menjadi yang terbaik di setiap kesempatan lomba, bawa nama baik Banyumas, jaga tradisi juara” pesanya.

Menurut Wahyu kegiatan pramuka menjadi sarana untuk menempa generasi muda agar menjadi kader bangsa yang memiliki kepribadian, berjiwa pemimpin, disiplin, sehat mental, spritual dan berjiwa sosial.

Pada acara pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dan pemberian uang saku, kemudian peserta menampilkan tarian dan yel-yel yang akan dibawa diarena Raimuna Daerah.

Salah seorang peserta Fami Iskhak mengatatakan melalui berbagai latihan intensif yang telah dialaksanakan dan dengan doa restu dari Bupati besert jajaranya, Kepala Sekolah, Pembina, masyarakat Banyumas dan orang tua, kami akan berusaha menjadi yang terbaik, agar dapat membawa harum nama Banyumas di Arena Raimuna Daerah” kata Fahmi mantap.

Pembina Pendaping Yusup Surpiyadi, SH juga menyatakan kesiapannya. Setelah lolos seleksi, peserta sudah melaksanakan latihan secara serius. ”Kami bangga kepada adik-adik, mereka dengan sukarela dan semangat mengikuti pemusatan latihan yang diberikan oleh Korps Pelatih Kwarcab Banyumas dan juga dari DKC” kata Yusup.


Daftar nama kontingen putra Fahmi Iskhak M M dari SMA N Baturaden, Uhriza Rahmawan MAN 1 Purwokerto, Koko Adi Setyo SMK N 1 Purwojati, Riza Afif Setiawan SMA N Ajibarang, Dimas Tegar Firmansyah SMA N Banyumas, Muhammad Syafi Cholidin MAN 2 Purwokerto, Allfine Asyifa Anom P SMA N 4 Purwokerto, Adi Kurniawan SMA N 2 Purwokerto, Yanuar Wardana SMK N 2 Purwokerto dan Sauqi Asrorul dari Universitas Jenderal Sudirman. Pimpinan kontingen Ogi Suphar Gandi dan Pembina Pendamping Yusuf Supriyadi, SH

Sedangkan kontingen putrid Singgih Ratna Ida SMA N Banyumas, Afifah Hasna Al Zahro SMA N Ajibarang, Monica Mei Dwiana SMK N 2 Banyumas, Endah Salfiatun dan Erike Ratna Nirmala SMK N 1 Purwokerto, Betty Risma Genia SMA N 1 Sokaraja, Palupi Laras SMA N 5 Purwokerto, Sifia Bella SMK N 3 Purwokerto, Indri Cahyani SMK N2 Purwokerto dan Fingkit Novinda dari Universitas Muhamadyah Purwokerto. Mereka didampingi Pembina Muninggar Woro Undiyati, S.Pd. S.Sos dengan Pimpinan Kontingen Tri Meliana dari DKC.
Sumber: Parsito, Humas Pemkab Banyumas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar